Jumat, 02 Maret 2012

PENEMU -baekland

BAEKLAND ( 1863-2944 ).
Leo Hendrik Baekeland adalah ahli kimia Belgia-Amerika, doctor, guru besar, penemu bakelit, pemenu kertas foto velox, direktur utama perusahaan plastic, bapak industri plastic. Ia lahir di Ghent, Belgia pada tanggal 14 November 1863 dan meninggal di Beacon, New York, pada tanggal 23 Februari 1944.
Baekeland adalah pelajar yang sangat cerdas dan selalu jadi juara kelas. Ia tamat SMA pada umur 16 tahun. Karena kecerdasannya, ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliahnya di universitas ghent. Kuliahnya selesai pada tahun 1882. dua tahun kemudian ia mendapat gelar doctor pada umur 21 tahun dengan predikat Maxima Cum ( dengan pujian tertinggi ). Ia mengajar di universitas tersebut sampai tahun 1889. ia kawin dengan anak bekas guru kimianya dan kemudian mengadakan perjalanan ke prancis dan inggris. Hobinya memang berpergian dan memotret.
Pada tahun 1889 ia mendapat beasiswa untuk belajar dan mengadakan perjalanan ke Amerika Serikat. Beasiwa ini hanya untuk tiga tahun, tetapai Baekeland memutuskan untuk menatap di Negara tersebut. Maka ia lalu ganti warga Negara. Ia jadi warga Negara Amerika Serikat. Karena hobinya memotret, ia mendapat pekerjaan di perusahaan fotografi. Pada waktu itu untuk mencetak gambar negative film pada kertas harus di pergunakan sinar matahari. Hal ini kurang praktis, lebih-lebih pada waktu hujan atau malam. Dalam waktu singkat baekeland berhasil menciptakan kertas foto yang disebut Velox. Dengan kertas ini film dapat diproses dengan sinar lampu, tanpa sinar matahari.
Pada tahun 1893 ia mendirikan pabrik kertas foto. Nama pabrik itu ” Nepera Chemical Company “ ( Perusahaan kimia Nepara ). Enam tahun kemudian ia menjual perusahaan itu seharga satu juta dolar kepada Eastman, penemu kamera. Uang itu sebagian digunakan untuk pergi ke Jerman, sebagian digunakan untuk mendirikan laboratorium di Yonkers, New York. Ia mulai mengadakan penyelidikan pada tahun 1905. hasil jerih payahnya yang terpenting adalah plastic tahan panas. Plastic ini ia beri nama Bakelit, menurut namanya sendiri. Baekland bukan orang pertama di dunia yang menemukan plastic. Plastic di temukan oleh Hyatt pada tahun 1870 sebagai seluloid. Namun Baekeland-lah orang pertama didunia yang menemukan plastic yang tak lunak jika di panaskan. Pada tahun 1910 ia mendirikan pabrik plastic. Selama 29 tahu ia jadi direktur utamanya sampai tahun 1939.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar