Jumat, 02 Maret 2012

PENEMU -aristoteles

ARISTOTELES ( 384-322 sM )
Aristoteles adalah ahli filsafat terbesar didunia sepenjang jaman. Ia sering disebut bapak peradaban barat, bapak ensiklopedi, bapak ilmu pengetahuan, atau guru(nya) para ilmuwan. Ia menemukan logika ( ilmu mantic : pengetahuan tentang cara berfikir dengan baik,sehat, dan benar ). Ia menemukan biologi, fisika, botani, astronomi, kimia, meteorology, anatomi, zoology, embriologi, dan psikologi eksperimental. Meskipun sudah 2000 tahun lebih, istilah istilah ciptaan Aristoteles masih dipakai sampai saat ini, misalnya : Informasi, relasi, Energi, Kuantitasi,Kkualitas, Individu, Subtansi, Materi, Esensi, dan sebagainya.
Ia mengarang lebih dari 50 buku dengan uraian yang sistematis, jelas, dan dalam. Dialah orang pertama didunia yang membuktikan bahwa bumu bulat dengan jalan melihat gerhana. Dialah yang membagi kata menjadi 10 jenis : kata kerja, kata sifat, kata benda, dan sebagainya. Dialah yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk social, bahwa setiap pernyataan harus dibuktikan kebenarannya, bahwa kunci kebenaran adalah logika, dan dasar pengetahuan adalah fakta. Menurut Aristoteles semua yang bergerak dialam semesta ini bergerak menuju Tuhan. Ia juga mengatakan bahwa orang yang ingin bahagia harus berbuat baik sebanyak-banyaknya.
Aristoteles lahir di Stagrius, Macedonia, pada tahun 384 sM. Dan tutup usia di Calcis, yunani, pada tahun 322 sM. Ayahnya bernama Nicomachus, dokter di istana Amyntas III, raja Macedonia, kakek Alexander Agung. Tapi pada waktu Aristoteles berumur 15 tahun, ayahnya meninggal. Aristoteles lalu dipelihara oleh Proxenus , saudara ayahnya. Pada umur 17 tahun ia masuk akademi milik Plato selama 20 tahun.
Sesudah Plato meninggal pada tahun 347 sM., Aristoteles meninggalkan Athena dan mengembara selama 12 Tahun. Ia mendirikan akademi di Assus. Di sini ia kawin dengan Pythias. Tapi tak lama kemudian Pythias meninggal . Aristoteles kemudian menikah dengan herpyllis. Dengan herpyllis ia mendapat anak laki-laki yang diberi nama Nicomachus, seperti nama ayahnya. Aristoteles juga mendirikan akademi di Mytilene, sambil jadi guru Alexander Agung selama 3 tahun.
Pada tahun 335 sM. Aristoteles mendirikan semaca akademi di Lyceum, Athena. Disini ia memberikan kuliah, berfikir, serta mengadakan riset dan eksperimen, seta membuat catatan-catatan dangan tekun dan cermat. Ia berbuat begitu selama 12 tahun. Ketika Alexander Agung meninggal pada tahun 323 sM., Aristotelesn melarikan diri ke Chalcis, karena takut dibunuh oleh orang yunani yang membenci pengikut Alexander. Tapi pada tahun berikutnya Aristoteles juga meninggal pada usia 62 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar