Jumat, 02 Maret 2012

PENEMU -armstrong

ARMSTRONG ( 1890-1954 ).
Edwin Howard Amstrong adalah bapak sirkuit, penemu FM radio, penemu sirkuit regeneratif dan superheterodin, insinyur listrik, guru besar, jutawan, warga Negara Amerika Serikat. Ia tokoh fisika yang besar setara dengan Ampere, Bell, Faraday, dan Marconi. Ia lahir pada tanggal 18 Desember 1890 di New York City dan meninggal tanggal 1 Februari 1954 di New York City juga pada umur 64 tahun. Ayahnya penerbit buku, ibunya bekas guru. Amstrong yang pemalu sejak kecil tertarik pada mesin, kereta api, dan segala peralatan yang dianggapnya aneh.
Pada umur 14 tahun Amstrong membaca tentang telegraf buatan Marconi. Pada waktu itu Marconi berhasil mengirimkan berita tanpa kawat ke seberang lautan Atlantik. Tapi kode morse hanya terdengar sayup sayup, sampai akhirnya tidak jelas. Sejak itu Amstrong bercita-cita ingin membuat suara radio sejelas mungkin. Pada umur 17 tahun ketika mesih di SMA, ia berhasil membuat sendiri stasiun radio di rumahnya, pada umur 19 tahun ia masuk Universitas  Columbia ia pulang pergi naik sepeda motor merah, hadiah dari ayahnya.
Pada tahun 1907 De Forest menemukan tabung hampa yang bernama triode atau audion. Tabung ini dapat memperkeras suara yang lemah pada batas tertentu. Amstrong segera mempelajari tabung hampa buatan De Forest itu. Lima tahun kemudian ( 1912 ), Amstrong berhasil membuat sirkuit regeneratif dan sirkuit feedback. Dengan sirkuit ini tabung hampa De Forest dapat memperkuat suara sampai beribu-ribu kali, hapir mencapai setengah keras radio dan tv jaman sekarang. Tapi akibat penemuannya terjadilah perdebatan sengit selama 14 tahun di pengadilan. Siapa yang memperkeras suara radio ? De Forest atau Amstrong ?
De Forest dan Amstrong bertengkar memperebutkan hak cipta atau paten. Dua kali mereka berdebat di depan Mahkamah Agung Amerika Serikat. Tetapi Karen hakim tidak tahu tentang seluk beluk listrik Amstrong dianggap kalah. Namu pihak ilmuwan menyatakan bahwa putusan pengadilan itu tidak adil dan tidak benar. Para ilmuwan bahkan memberi Mendali Franklin pada Amstrong. Mendali Franklin adalah hadiah tertinggi di Amerika Serikat bagi seorang ilmuwan yang berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar