Jumat, 02 Maret 2012

PENEMU -aston

ASTON ( 1877-1945 ).
Francis Wiliam Aston adalah ahli fisika inggrin, penemu spektograf massa          ( 1919 ), pemenang hadiah nobel ( 1922 ) untuk kimia karena menemukan isotop; pengarang, penerima Royal Medal ( Mendali Kerajaan ), anggota Royal Society ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Inggris, 1921 ), lulusan universitas Bringmiham dan Cambridge, asisten Thomson dan Rutherford, anggota kehormatan Akademi Sains milik Uni Soviet. Buku karangannya berjudul Isotop ( 1922 ), Spektograf Massa dan Isotop ( 1942 ). Isotop adalah atom-atom sebuah unsur yang sama, tapi bobot atomnya berlainan. Spektograf adalah alat untuk memotret Sprektrum, sinar yang terurai setelah menembus prisma. Spektograf massa adalah alat untuk memotret massa atom. Dengan alat itu kita dapat mengetahui mana atom yang ringan dan mana atom yang berat.
Aston lahir di Harborne, Birmingham, Inggris, pada tanggal 1 september 1877, dan meniggal di Cambridge, Inggris pada tanggal 20 novenber 1945 pada umur 68 tahun. Sejak kecil ia belajar kimia tetapi setelah Roentgen menemukan Sinar-X pada tahun 1895, Aston mulai mempelajari terjadinya Sinar-X. hal ini dilakukan ketika ia berumur 26 tahun. Tujuh tahun kemudian ( 1910 ) ia jadi asisten Thomson, ahli fisika terkenal di unioversitas Cambridge. Thomson menyelidiki sinar bermuatan positif yang keluar dari pelepasan gas. Sesudah menyelidiki neon, Thomson berkesimpulan bahwa hanya neonlah yang terdiri dari campuran isotop.
Pada tahun 1914-1918 pecah Perang Dunia 1 . Aston di angkat jadi insinyur pesawat tempur. Sesudah parang selesai ia kembali ke Cambridge. Di sini ia membuat alat sinar positif jenis baru. Alat ini di beri nama Spektograf Massa. Dengan alat ini ia dapat memisahkan atom-atom yang berlainan massanya dan mengukur bobotnya dengan ketepatan yang luar biasa. Dengan alat ini ia dapat membuktikan bahwa kesimpulan Thomson kurang tepat. Tidak hanya Neon yang terdiri dari campuran Isotop, tetapi banyak unsure lain juga yang merupakan campuran Isotop. Bahkan Aston dapau menemukan 212 dari 287 Isotop yang terjadi secara alamiah. Karena prestasinya, pada tahun 1921 Aston di angkat jadi anggota Royal Society.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar