Selasa, 23 Oktober 2012

Kompetisi Pemrograman XI UNPAR

Selang 2 bulan lagi kita akan memasuki tahun 2013. Info-info lomba programming yang akan diadakan pada tahun depan pun mulai bermunculan. Salah satunya adalah Kompetisi Pemrograman XI UNPAR yang sudah kita tunggu-tunggu!
Logo KP IX Unpar
Sesuai dengan namanya, kali ini adalah kesebelas kalinya Kompetisi Pemrograman UNPAR diadakan. Di umur 11 tahun ini KP UNPAR kembali dengan logo puzzle nya yang berwarna – warni. Tema kali ini sepertinya “Feel the Freedom of Algorithm” (atau saya sok tau? cuma ngeliat di pojok kanan website KP XI UNPAR).
Berbeda dengan lomba programming kebanyakan, kalau di KP XI UNPAR ini para peserta musti kudu wajib bawa yang namanya guru pembimbing. Trus tar kalo udah dibawa guru pembimbingnya ngapain? Ya mungkin pembimbingnya bisa jalan-jalan sekitar UNPAR (kalo ga salah 2 tahun lalu pas gw KP UNPAR, ada stand – stand makanan ringan pas kami lomba), atau ada seminar buat guru, dan lain – lain.
Ada perubahan mendasar dari Peraturan KP UNPAR yang perlu dicatat. Kalau sebelum – sebelumnya format KP UNPAR adalah beberapa babak online dengan mengerjakan beberapa soal pemrograman, kemudian baru pada finalis diundang ke Bandung untuk babak final onsite yang kembali mengerjakan beberapa soal pemrograman. Tahun ini pada peserta langsung diundang ke Bandung untuk babak penyisihan, di mana soal penyisihannya berupa soal pilihan ganda (mirip OSK?). Lalu di hari yang sama hasil penyisihan akan langsung diumumkan dan langsung juga diadakan babak final.
Personally, saya lebih senang sistem yang lama. Entah karena ga suka ngerjain soal tertulis, atau karena tidak semua peserta bisa afford ke Bandung (biaya dan izin dari sekolah, biasanya kalo baru penyisihan aja susah dikasi izin). Kalau penyisihannya online dan baru diundang ke Bandung buat final mungkin bakal lebih direstui sama sekolah – sekolah (ato mungkin bakal dibiayain juga?). Tapi mungkin pihak panitianya sendiri punya pertimbangan lain, makanya tahun ini sistemnya jadi demikian.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, acara utama KP XI UNPAR ini akan dilaksanakan pada Bulan Februari 2013. Tepatnya pada tanggal 16 Februari 2013 di mana akan diadakan babak penyisihan dan final pada 1 hari tersebut. Meski begitu pendaftaran telah dibuka dari 1 Oktober 2012 hingga 1 November 2012.
Untuk melihat jadwal pelaksanaan, peraturan lomba, hadiah, maupun pendaftaran, kalian bisa berkunjung ke KP XI UNPAR official website. Jangan lupa untuk follow Twitter KP XI UNPAR atau main ke KP XI UNPAR Facebook page untuk mendapatkan info ter-update. Akhir kata, selamat berkompetisi dan jadilah yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar